Gelar & Strata

Sarjana Ekonomi ( S.E. )

Akreditasi

Program Studi S-1 Akuntansi Terakreditasi dengan nilai “B”

SK & Sertifikat Akreditasi


PENDAFTARAN

PMB UMPO

Daftar di UMPO dan kembangkan potensimu dengan banyak program yang bisa dipilih untuk calon mahasiswa

DAFTAR SEKARANG

S1 AKUNTANSI

Program studi S1 Akuntansi berdiri pada tahun 2007 sesuai dengan SK dari DIKTI No. 932/D/T/2007. Program Studi Akuntansi bernaung di bawah Fakultas Ekonmi Universitas Muhammadiyah Ponorogo, dan pada waktu itu merupakan program studi termuda di Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Ponorogo, dengan jenjang Strata

VISI

“Menjadi program studi yang unggul, kompetitif, dan profesional di bidang akuntansi dengan berlandaskan nilai-nilai Islam dan berjiwa kemandirian di Jawa Timur 2040”

Misi

Menyelenggarakan pendidikan, pembelajaran dan pembimbingan akademik secara efektif, agar menghasilkan lulusan yang menguasai Ilmu Akuntansi dan mampu mengaplikasikannya dalam berbagai bidang dengan berwawasan kewirausahaan, serta berkepribadian Islami.

  1. Melaksanakan penelitian dan pengembangan ilmu yang mampu mendukung peningkatan kualitas pembelajaran dan inovasi di bidang akuntansi yang berwawasan wirausaha

  2. Melaksanakan pengabdian masyarakat secara berkelanjutan agar bermanfaat bagi masyarakat melalui ilmu pengetahuan dan teknologi akuntansi dan kewirausahaan.

Tujuan

  1. Menjadi program studi yang unggul dan berdaya saing di Jawa Timur

  2. Menghasilkan lulusan profesional, berwawasan tinggi, berjiwa wirausaha di bidang akuntansi, yang dilandasi jiwa Islami.

  3. Mencetak lulusan yang memahami, menyusun, dan menganalisis laporan keuangan.

  4. Mencetak lulusan yang mampu mengambil keputusan berbasis Informasi akuntansi.

  5. Menghasilkan penelitian di bidang akuntansi dan berwawasan wirausaha yang berkualitas.

  6. Menghasilkan karya pengabdian masyarakat yang sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi akuntansi, dan berwawasan wirausaha

 

Gelar Lulusan

Gelar lulusan dari Prodi S-1 Akuntansi : Sarjana Ekonomi (SE)

 

Kompetensi Lulusan

Sesuai dengan kajian perkembangan bidang keilmuan, kebutuhan pasar, serta hasil treacer studi, maka profil lulusan S1 Akuntansi Universitas Muhammadiyah Ponorogo adalah sebagai berikut :

  1. Akuntan Keuangan,

  2. Akuntan Manajemen

  3. Akuntan Pemerintahan

  4. Auditor Internal dan Eksternal

 

Prospek Lulusan di bidang :

  1. Akuntansi Keuangan

Setiap lulusan mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovativ dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu ekonomi dan bisnis serta, dapat menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.

  1. Akuntansi Manajemen

Setiap lulusan mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan ekonomi dan bisnis, teknologi atau seni sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik    seni,    menyusun deskripsi    saintifik     hasil kajiannya dalam bentuk laporan.

  1. Akuntansi Pemerintahan

Setiap lulusan mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun diluar lembaganya serta, menganalisis laporan keuangan dan menyelesaikan permasalahan keuangan dengan baik.

  1. Auditor Internal Dan Eksternal

Setiap lulusan mampu berkomunikasi secara efektif, berdasarkan etika profesi, dan dapat menyusun laporan keuangan pada berbagai jenis dan bentuk perusahaan baik secara manual maupun berbasis teknologi.

  1. Lulusan S1 Akuntansi Universitas Muhammadiyah Ponorogo berpeluang kerja di berbagai Instansi Pemerintah Kantor Akuntan Publik, PEMDA, MUKM, Perpajakan, Perbankan, Perusahaan baik perusahaan asing maupun dalam negri dll.