Gelar & Strata

Ahli Madya Keperawatan (Amd.Kep)

Akreditasi

Prodi D-3 Keperawatan Terakreditasi dengan nilai “B”

SK & Sertifikat Akreditasi


PENDAFTARAN

PMB UMPO

Daftar di UMPO dan kembangkan potensimu dengan banyak program yang bisa dipilih untuk calon mahasiswa

DAFTAR SEKARANG

D3 KEPERAWATAN

Prodi D3 Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan yang semula berdiri dengan nama Akademi Keperawatan Universitas Muhammadiyah Ponorogo didirikan pada tahun 1993 dengan SK Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor : HK.00.06.1.1.00122, sampai sekarang usianya telah lebih dari satu dasa warsa atau tepatnya telah mencapai usia yang ke -28 tahun.

Di bawah naungan Persyarikatan Muhammadiyah, Prodi D3 Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Ponorogo yang terletak di Jalan Budi Utomo Nomor 10 Kelurahan Ronowijayan Kecamatan Siman Kabupaten Ponorogo ini dalam mengemban amanat Persyarikatan Muhammadiyah mempunyai visi dan misi yang ditujukan untuk mencetak perawat profesional pemula yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT, bertanggungjawab terhadap diri, keluarga, masyarakat, profesi, bangsa, dan negara.

Pada tahun 1997 program studi D3 Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan telah diakreditasi oleh Pusat Pendidikan Tenaga Kesehatan Republik Indonesia dan mendapatkan nilai B (kategori Baik) sebagaimana yang tertuang pada Surat Keputusan Nomor HK.00.06/4.3.3727 tahun 1997. Dengan semangat profesionalisme dan rasa tanggungjawab yang tinggi, Prodi D3 Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Ponorogo terus mengembangkan sayapnya dan menyempurnakan diri dengan dilaksanakan akreditasi kembali pada tanggal 4 Nopember 2002 dengan mendapatkan nilai akreditasi A (sangat baik) yang tertuang dalam Surat Keputusan Kepala Pusat Pendidikan Tenaga Kesehatan Departemen Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.00.2.2.3577.

Saat ini Prodi D3 Keperawatan telah terakreditasi B (Baik) B oleh LAM-PTKes dengan nomor sertifikat akreditasi : 0461/LAM-PTKes/Akr/Dip/XI/2020.

Visi

Pada tahun 2030 menjadi prodi D3 Keperawatan Unggulan, yang mampu menghasilkan tenaga Perawat Profesional pemula Islami dan  mandiri serta mampu  berkompetisi dalam dunia kerja.

 

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan, pengajaran dan penelitian dalam bidang keperawatan yang uptodate, inovatif
  2. Menyelenggarakan perkuliahan AL-islam kemuhammadiyahan
  3. Menyelenggarakan pembelajaran kewirausahaan di bidang keperawatan
  4. Menyelenggarakan pengabdian kepada  masyarakat dalam bidang keperawatan dan kesehatan.

 

Gelar Lulusan

Gelar bagi lulusan Program Studi Diploma III Keperawatan: Ahli Madya Keperawatan (Amd.Kep)

 

Kompetensi Lulusan

  1. Menjadi perawat pelaksana asuhan keperawatan (Care Provider) yang mempunyai kemampuan dalam memberikan pelayanan prima di bidang kesehatan kepada pasien pada tatanan individu, kelompok, keluarga dan masyarakat.
  2. Perawat Educator yang mempunyai kemampuan dalam memberikan edukasi kesehatan kepada individu, kelompok, keluarga dan masyarakat.
  3. Peneliti pemula, yang mempunyai kemampuan dalam aplikasi praktik keperawatan berdasarkan Evidence Based Practice.
  4. Religius, mempunyai kemampuan dalam memberikan asuhan keperawatan yang dilandasi oleh Al Islam Kemuhammadiyahan.

 

Prospek lulusan:

Lulusan Prodi D3 Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Ponorogo dapat bekerja dan berkarir sebagai perawat pelaksana atau tenaga kesehatan di Instansi Pemerintah atau Swasta (Rumah Sakit Umum, Puskesmas, Poliklinik, Asuransi Kesehatan, Perusahaan bidang kesehatan, Dinas Kesehatan Pusat dan Daerah, Badan Penelitian dan Pengembangan bidang Kesehatan, dsb) di Indonesia maupun di Mancanegara.

 

Fasilitas Sarana dan Prasarana:

  1. Gedung perkuliahan yang nyaman ber-AC
  2. LCD Projector di setiap ruang perkuliahan
  3. Dome sebagai pusat kegiatan mahasiswa
  4. Masjid Al-Manar dengan kapasitas 1000 jamaah
  5. Perpustakaan dengan koleksi buku lengkap dan terbaru dengan sistem komputerisasi (Digital Library) yang telah terakreditasi A
  6. Laboratorium komputer berteknologi terkini
  7. Laboratorium Bahasa Inggris
  8. Laboratorium Kesehatan yang berkonsep “Mini hospital”
  9. ATM Banking
  10. Balai Kesehatan Umum Al-Manar
  11. Studio Radio Al Manar FM 99,5 Mhz
  12. Gedung Expotorium berkapasitas total 4000 orang